9 Tips dan Trick Menghemat Energi PC/Laptop


9 Tips dan Trick Menghemat Energi PC/Laptop. Pernahkah anda merasa pembayaran listrik bengkak gara-gara penggunaan computer atau laptop setiap hari? Apalagi sekarang ini listrik menggunakan pulsa, tentunya kita harus lebih hemat sehemat mungkin agar pulsa listrik kita tidak cepet habis. Nah untuk mengatasi hal tersebut, berikut AllSoft berbagi tips cara menghemat energi pada computer dan laptop. 

1. Atur pencahayaan dan kontras monitor
Mungkin bagi orang yang awam atau pemula dalam menggunakankomputer, mereka jarang sekali memperhatikan pengaturan monitor mereka. Yang dimaksud dalam hal ini adalah tingkat pencahayaan dan kontras yang diatur terlalu tinggi akan bisa menghabiskan banyak energi. Maka untuk itu anda harus bisa mengatur pencahayaan dan kontras tersebut, untuk mengatur pencahayaan dan kontras monitor tersebut gunakan tombol yang berada di bawah monitor.

2. Matikan monitor
Tips yang ke-dua adalah dengan mematikan monitor, terutama monitor yang jenisnya adalah jenis CRT (Cathode Ray Tubel), karena monitor jenis tersebut lebih banyak mengkonsumsi tenaga listrik. Jadi, jika anda ingin meninggalkan PC tersebut dalam waktu yang lama, sebaiknya matikan monitor anda.
Anda juga dapat menyetting Windows agar secara otomatis langsung mati dalam beberapa waktu tertentu, itu bisa dilakukan dengan cara, klik “Control Panel-Options”. Dalam “Power Options Properties” klik tab “Power Schemes”. Lalu klik tanda panah di bagian “Power Schemes” lalu pilih “Home/Office desk”. Lalu pilih waktu yang diinginkan pada “Turn Off Monitor” dan klik “Apply” dan “OK”.

3. Matikan Hard disk
Meskipun kita tidak sedang melakukan apa pun pada komputer kita, tapi data anda akan selalu dibaca dari hard disk (oleh sistem operasi dan beberapa aplikasi). Karena alasan ini, hard disk hard disk akan terus menerus berputar dan tentu saja ini akan menghabiskan energi. Jika anda ingin meninggalkan PC anda dalam waktu yang lama, maka sebaiknya matikan hard disk PC anda. Pada “Power Options Properties” lalu klik tab “Power Schmes”. Klik tanda panah di bagian “Power Schemes” dan pilih “Home/Off desk”. Kemudian klik “Turn off hard disk” dan pilih waktunya. Lalu klik “Apply” dan “Ok”.

4. Matikan peralatan lainnya
Matikanlah peralatan lainnya seperti, speaker, modem eksternal, scannerZip drive dan printer. Karena peralatan itu sangat menghabiskan banyak energi. Seringkali orang meninggalkan peralatan tersebut dalam keadaan aktif, bahkan saat kita sedang keluar dalam waktu yang lama.

5. Mode Hibernate
Mode hibernate ini adalah fasilitas untuk melakukan shut down, tapi tidak menutup atau mematikan aplikasi yang sedang kita buka tadi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara Mode “Hibernate”. Dengan mode ini, isi memory utama (RAM) akan tersimpan dalam hard disk. Cara melakukan mode hibernate adalah sebagai berikut, pada “Power Options” kliklah tab “Hibernate”. Lalu klik kotak dekat “Enable Hibernation”. Klik juga pada tab “Advanced”. Dalam bagian “When I Press the power button” lalu klik tanda panahnya kemudian klik “Hibernate”. Klik “Apply” dan “Ok”. Setelah itu tekan tombol “Power” pada komputer anda. Mode hibernate sudah berfungsi, tekan tombol “Power” sekali lagi, komputer anda akan menyala dan akan otomatis membuka aplikasi yang telah anda buka tadi.

6. Mode Standby
Agar bisa menghemat energi, sebaiknya pengaturan monitor dan hard disk berada di bagian yang paling rendah pada mode standby. Jika anda ingin meninggalkan PC sebentar, sebaiknya aktifkan mode standby. Namun yang harus anda ketahui adalah, saat mode standby aktif data-data yang belum anda simpan dapat rusak atau hilang kalau PC anda mengalami kerusakan. Sebaiknya simpan dahulu data atau dokumen anda sebelum anda mengaktifkan mode standby ini. Mode standby dapat dilakukan dengan cara, klik “Start-Turn Off computer” lalu klik “Stanby”.

7. Gunakanlah UPS
Gunakanlah selalu alat UPS, karena alat ini bisa membantu penyelamatan data atau shut down saat terjadi mati listrik. Untuk mengatur peralatan UPS dan mengkonfigurasikan alat tersebut “Power Option Properties” lalu pilih tab UPS. Bagian status dalam tab UPS menampilkan perkiraan jumlah menit yang dapat didukung UPS terhadap PC anda. Sebenarnya banyak cara untuk mengkonfigurasikan UPS, namun hal ini tergantung dari model dan kapasitas UPS yang digunakan.

8. Baterai Laptop
Jika anda men-charge baterai laptop, pastikan proses charge-nya selesai. Karena proses charge yang dilakukan setengah-setengah lalu dilanjutkan kembali, itu malah akan menghabiskan banyak energi. Jika anda ingin berpergian, sebaiknya bawa selalu baterai tambaha. Untuk menghemat pemakaian baterai. Anda bisa memanfaatkan feature Hibernate/Suspended atau gunakan soket listrik yang dihubungkan ke stopkontak.

9. Port USB
Jika saat anda menggunaka laptop dan saat itu anda memasukkan salah satu ke port USB di laptop, sebaiknya kalau sudah selesai langsung dilepaskan saja. Karena peralatan yang masih tertancap di port USB, itu juga dapat menghabiskan tenaga pada PC atau laptop anda. Sebaiknya lepaskan alat tersebut bila pemakainnya dirasa sudah cukup.
10. Skema Pemakaian Energi Laptop
Biasanya produsen-produsen laptop juga menyertakan feature dan software power management. Software ini sangat berguna sekali bagi para konsumen laptop, karena software ini mampu mengatur pemakaian baterai dan daya listrik yang sedang digunakan. Di software ini ada beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk mengetahui beban hard disk dan energi lain yang sedang digunakan oleh laptop. Di antaranya mengetahui kecepatan prosessor atau pencahayaan monitor yang tepat untuk dapat menghemat baterai. Software ini sekaligus dapat menjadi pengawas bagi kita dalam menggunakan laptop.

Satu Contoh Tuhan Sayang Kepada Wanita


Banyak wanita yang bilang bahwa susah menjadi wanita, lihat saja aturan-aturan dibawah ini :

1. Wanita auratnya lebih susah dijaga dibanding lelaki.
2. Wanita perlu minta ijin dari suami apabila mau keluar rumahtetapi tidak sebaliknya.
3. Wanita saksinya (apabila menjadi saksi) kurang berbanding lelaki.
4. Wanita menerima warisan lebih sedikit dari pada lelaki.
5. Wanita perlu menghadapi kesusahan mengandung dan melahirkan anak
6. Wanita wajib taat kepada suaminya, sementara suami tak perlu taat pada istrinya.
7. Talak terletak di tangan suami dan bukan istri.
8. Wanita kurang nyaman dalam beribadat karena adanya masalah haid dannifas.
9. dan lain-lain.

*** Tetapi...

PERNAHKAH KITA LIHAT KENYATAANNYA ?

1. Benda yang mahal harganya akan dijaga dan dibelai serta disimpan ditempat yang teraman dan terbaik. Sudah pasti itulah intan permata bandingannya dengan seorang wanita.

2. Wanita perlu taat kepada suami, tetapi tahukah lelaki wajib taat kepada Ibunya 3 kali lebih utama daripada kepada Bapaknya ?

3. Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki, tetapi tahukah bahwa harta itu akan menjadi miliknya dan tidak perlu diserahkan kepada suami? Sementara suami apabila menerima warisan ia wajib juga menggunakan hartanya untuk istri dan anak-anaknya ?

4. Wanita perlu bersusah payah mengandung dan melahirkan anak, tetapi tahukah bahwa setiap saat dia didoakan oleh segala mahluk, malaikat dan seluruh mahluk Allah dimuka bumi ini, dan tahukah jika ia meninggal karena melahirkan adalah syahid dan surga menantinya. Diakherat kelak, seorang lelaki akan dipertanggungjawabk an terhadap 4 wanita, yaitu : Istrinya, Ibunya, Anak Perempuannya dan Saudara Perempuannya. Artinya, bagi seorang wanita tanggung jawab terhadapnya ditanggung oleh 4 orang lelaki, yaitu: suaminya, ayahnya, anak lelakinya dan saudara lelakinya.

5. Seorang Wanita boleh memasuki pintu Syurga melalui pintu mana saja yang disukainya cukup dengan 4 Syarat saja, yaitu : Sholat 5 waktu, Puasa di bulan Ramadhan, taat kepada Suaminya dan menjaga Kehormatannya.

6. Seorang lelaki wajib berjihad di jalan Allah, sementara bagi wanita jika taat kepada suami serta menunaikan tanggung jawabnya kepada ALLAH, maka ia akan turut menerima pahala setara seperti pahala orang pergi berjihad di jalan Allah tanpa perlu mengangkat senjata.

Masya ALLAH.! Demikian sayangnya ALLAH subhanahu wata'ala kepada wanita...

Yakinlah bahwa sebagai Zat yang Maha Pencipta sudah pasti ALLAH Maha Tahu akan segala yang diciptakan-Nya sehingga peraturan-Nya adalah yang terbaik bagi manusia...

Tugas Etika Profesi


1
Memastikan Keamanan Informasi Pada Tingkat Personel
ISO (Information Security Officers) juga memegang tanggung jawab pada tingkat personel. Permasalahan-permasalahan seperti berbohong kepada klien tentang integritas  informasi keamanan adalah tanggung jawab  ISO.

Berbohong ke Klien Mengenai Keamanan Perusahaan - Apakah ini  Ide Bagus?
            Atasan Anda meminta Anda untuk memberitahu klien bahwa keamanan perusahaan Anda benar-benar ketat, tidak mungkin untuk menerobos system. Anda, sebagai ISO, tahu ini tidak berhubungan dengan sistem. Sistem akan selalu aman, tetapi tidak ada sistem yang kebal terhdap serangan. Namun, sebagian besar pesaing  perusahaan pemasaran mengatakan bahwa mereka memiliki keamanan yang bisa ditrobos. Dapatkah Anda membuat pernyataan ini ke klien untuk atasan Anda?

Konservatif: Sebagai ISO, Anda harus menjaga tingkat integritas tertinggi jangan berbicara segala sesuatu yang tidak benar. Jika  bos Anda atautim pemasaran berbicara tentang ketidakakuratan keamanan sistem, anda harus mengkoreksinya. Menjanjikan perlindungan sistem yang benar-benar aman adalah mustahil dan bohong.

Umum: Anda dapat membuat pernyataan kepada klien yang menunjukkan bahwa  infrastruktur aman. katakan itu dengan  cara yang  membuat mereka merasa percaya diri dalam sistem yang aman tanpa membuat pernyataan yang menjamin keamanan mutlak, yang tidak mungkin dilakukan.


2.
Kesalahan Pengembang Database
Apa yang di belakang Google, sistem audit IRS,  pemesanan tempat maskapai penerbangan Anda  atau Peringkat kredit Anda?  tentu saja sebuah database, atau mungkin lebih banyak database . manajer yang bijak takut terhadap proses pembangunan database karena, dari semua proyek perangkat lunakDatabase adalah yang paling sulit di kendalikan dan paling banyak memakan biaya. Perhatikan  detail, spot-checking, dan pastikan Anda memiliki tim yang tepat, tapi mungkin yang terpenting adalah DBA. DBA adalah karyawan TI  yang mengelola  database.

Ketidakcocokan Data dalam Pengembangan Database -
Bagaimana jika Bos Anda Ingin Anda untuk diam?
Ketidakcocokan  data dapat terjadi karena berbagai alasan dan berkisar dari input  data yang tidak benar.Tipe terburuk dari perbedaan data adalah pada salah seorang karyawan yang mencuri dari perusahaan. Dalam jenis keadaan, data keuangan menunjukkan perbedaan.Di bawah ini adalah contoh dari skenario terburuk. 
Anda adalah konsultan untuk sebuah perusahaan, yang membangun Sistem Informasi Eksekutif (EIS). Ketika Anda mempelajari data mereka yang  dikirim kesebuah gudang data, Anda menemukan perbedaan besar dalam data keuangan mereka .Anda melaporkan hal ini kepada Chief Financial Officer mereka (CFO) untuk melihat data dan
membuat Anda tetap di kantor sampai larut malam . selama ini, dia jelas sangat kecewa. Dia memberitahu Anda untuk menjaga semuanya agar benar-benar rahasia dan tidak memberitahu siapa pun di perusahaan atau di luar itu. Apa yang akan Anda lakukan dalam situasi ini?

Konservatif: Ini bukan ide yang baik untuk menjaga rahasia. Jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan manajer TI, Anda harus mendapatkannya dan ceritakan apa yang terjadi. Hanya menjelaskan kepada CFO apa yang Anda perlukan untuk diketahui manajer Anda sehingga menyadari apa yang terjadi sejak Anda melaporkannya.

Umum: Ketika sesuatu  terjadi seperti masalah ini, yang terbaik adalah  menunggu dan melihat. Jika Anda memberitahu otoritas atau seseorang di perusahaan, Anda mungkin menemukan diri anda di tengah-tengah sebuah keburukan. Tunggu beberapa hari, lihat apa yang terjadi, kemudian menentukan apakah Anda secara hukum diharuskan untuk berbicara segalanya tentang kejadian ini ini.


3
Mengambil Keuntungan dari Posisi Anda
            Asisten mendapatkan keuntungan sejak munculnya teknologi. Mereka memperoleh informasi karena mereka mengakses mayoritas informasi yang di akses oleh manajer, dengan demikian datang tanggungjawab dan penyalahgunaan. Asisten dapat memanfaatkan akses mereka dengan menggunakan nama manajer untuk keuntungan pribadi. Perangkap lainnya yaitu ketika mereka mencoba untuk mempengaruhi bos mereka karena alasan pribadi atau profesional. Berikut ini adalah contoh permasalahannya:

Getting Ahead by Association –
Does it Work For or Against You?
            Anda adalah asisten terpercaya untuk CEO sebuah organisasi teknologi informasi. Karena beban kerja, waktu istirahat anda terbatas. Anda lapar sehingga Anda pergi ke kafetaria dan antre paling depan dari semua orang yang sudah menunggu. Tidak ada yang mengatakan apa-apa karena Anda adalah asisten terpercaya dari CEO. Apakah etis memotong antrian di depan semua orang yang mengantri,  Karena peran Anda di perusahaan? Haruskah karyawan dan manajemen mengizinkan Anda hak khusus dari asosiasi?

Konservatif: Itu tidak tepat .Hal tersebut mungkin dapat berguna  di kafetaria tapi akan merugikan Anda dikemudian hari. Orang-orang akan membenci Anda  dari waktu ke waktu. Jika Anda pernah diturunkan, Anda akan menemukan diri anda yang dikucilkan. Ketika Anda berada dalam posisi istimewa , tetapi kenyataannya tidak

Umum: Sebagai asisten terpercaya dari CEO, Anda memiliki tuntutan yang luar biasa dan orang lain mengerti itu. Memanfaatkan hal tersebut yang membuat hidup anda lebih mudah dengan jadwal yang padat.