CARA CERDAS MEMBELI LAPTOP







Meskipun banyak uang, bukan berarti Anda boleh sembarangan Membeli barang. Termasuk Laptop. Butuh kecerdasan sendiri agar laptop yang Anda beli tidak mengecewakan dan memenuhi hasrat kepuasan. Berikut cara cerdas membeli laptop.


Tentukan Prioritas :

1. Merek Tidak Terlalu Penting
   Yang terpenting ialah garansi dan ketersediaan service. Jadi, percuma membeli notebook canggih, eh ternyata service center-nya memble atau garansinya bikin repot. Carilah dan pertimbangkan service center notebook tersebut bagus atau tidak. Jangan cuma terpaku omongan orang bahwa nootbook merek A bagus, sedangkan B jelek. Padahal mungkin notebook merek A service center-nya kacau, sedangkan B bagus. Pertimbangkan beberapa merek yang memberikan garansi sampai dengan 3 tahun. meskipun harganya lebih mahal. Tetapi, bukankah jaminan garansi lebih bisa memberi ketenangan bila terjadi sesuatu di belakang hari?
    Anda harus waspada terhadap adanya produk black market (BM). Kadang garansinya sama dengan produk resmi, yakni 1 tahun, tapi BM garansi toko. Jadi, ketika toko tutup, nasib Anda bisa apes. Tentu anda tidak ingin hal semacam itu terjadi bukan? Maka, cermati garansinya. Jangan cuma menimbang murahnya. Tidak tahunya garansi toko.

Catatan : waspada dengan penjual nakal, jangan segan cari bahan wawasan dengan mengunjungi banyak toko.

2. Cermati Spesifikasinya (spek)nya
    Khususnya tanya pada diri Anda, apakah prosesor diatas segalanya? Banyak orang mengeluh, "Prosesor saya sudah dual core, tetapi mengapa masih lambat ya?" Banyak jawaban tentang kerja laptop yang kurang maksimal. Ibaratkan laptop sebagai sistem jalan tol. Prosesor ialah otak untuk menghitung input layaknya gerbang tol, RAM sebagai tempat antrian data seperti jalur antrian, sedangkan data ibarat kendaraan.
    Ada banyak model gerbang tol (prosesor) mampu menghitung sekaligus dalam jumalh banyak, tetapi tidak ada gunanya bila jalur jalan tol (RAM)nya hanya sedikit jumlahnya. Andaipun jumlah jalur tol (RAM) cukup banyak, tetapi gerbang tol (prosesor) sedikit juga menimbulkan antrian kerndaraan (data).
    Maka, andai laptop dengan prosesor core2duo T7xxx, tetapi RAM hanya 512 MB pun tidak ada gunanya karena kinerja prosesor jauh lebih mengungguli data yang ditampung oleh RAM sehingga peforma tidak maksimal.

Catatan : Seimbangkan komponen laptop Anda lebih dulu, setelah itu berpikir tentang hal lain.

3. Jangan Remehkan Hal - hal Sepele
    Pasar laptop menyediakan banyak barang dengan beragam spesifikasi (spek). Banyak pembeli umumnya hanya mencermati hal "kasat mata" seperti prosesor, harddisk, layar dan seterusnya. Belum layak yang meneliti hal - hal remeh, alias meremehkan hal - hal sepele. katakanlah, laptop dibeli dengan tujuan mudah dibawa kemana hendak pergi, maka yang perlu dicek ialah aspek portable ini;kekuatan, kesolidan, dan kekokohan sebagai hal penting.
    Jangan sampai kecele. setelah membeli, tidak tahunya engsel layar hampir lepas, body plastik tipis rapuh, tutup LCD retak, dan sebagainya. Akhirnya, Anda sendiri yang repot. Padahal, Anda tentu tak ingin presentasi gagal gara - gara hal sepele semacam itu, bukan?
    pabrik sebenarnya sudah merancang laptop sesuai standar dan harga jual. Maka, Anda perlu ragu - ragu bila ada laptop dengan harga 1000 dollar diakui lebih kokoh daripada yang berharga 1500 dollar. meskipun speknya mirip. 

4. Sesuaikan Kebutuhan, Pilih Yang  Terpenting
    Banyak laptop spek-nya sama saja. Misal, bila laptop sudah centrino based tentunya prosesornya sama, chipset sama, wifi sama, antara satu merk dengan yang lain. Untuk itu, sesuaikan saja kebutuhan Anda terkait komponen luar spek teknis dan tentu saja harganya.
    

















No comments :

Post a Comment