KURIKULUM 2013 (DILEMA KURIKULUM 2013)






Halo para blogger Indonesia. ya ketemu lagi dengan saya om dimas yang selalu berbagi cerita kisah hidup yang om dimas alami dan beberapa artikel - artikel kecil. oke semua, kali ini om dimas sedikit tentang pengalaman om dimas yang dialami sekarang ini. om dimas kan seorang guru, kita  semua tahu baik siswa ataupun guru tentang KURIKULUM 2013, yang digadang gadang bakal memperbaiki pendidikan indonesia. 



Ini om dimas yang sudah terjun langsung ke lapangan dengan mengajar dengan metode yang ada pada kurikulum 2013. dari pelatihan, workshop, ataupun pendampingan yang om dimas ikuti. tentunya om dimas mendapat bekal yang bagus untuk mengajar mnggunakan metode kurikulum 2013, maklumlah om dimas hanya lulusan D3 non kependidikan gak tau apa itu RPP, Silabus Dll. akan tetapi secara teori kurikulum itu bagus, tapi secara praktek itu tidak bisa dilakukan maklumlah sekolah om dimas berada di kabupaten kecil di jawa tengah, mungkin sekolah - sekolah yang sudah standar internasional lancar - lancar saja menggunakan kurikulum 2013 ini. 

Ini secara gamblang om dimas jelaskan berbagai masalah yang om dimas alami, simak baik - baik ya sobat blogger. dari mata pelajaran yang om dimas ampu. om dimas sekarang ngajar mata pelajaran kejuruan teknik komputer dan jaringan. dari Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti di mapel teknik komputer dan jaringan uhhhh waooooooooooowwwww, CETAR!!! MEMBAHANA!! hampir 40% nya itu mata pelajaran yang om dimas dapat waktu duduk dibangku kuliah. sekarang mungkin sobat blogger tahu sendiri, gimana rasanya anak - anak setelah lulus SMP langsung dihadapkan dengan pelajaran anak kuliahan.... waaaaahhhh pasti mikir gak karuan ya... iya itu tentang pelajaran om dimas, padahal temen - temen tau sendiri kurikulum 2013 siswa dituntut untuk lebih aktif. pikiran sekarang om dimas, mungkin untuk kota - kota besar siswanya yang langsung paham dengan teknologi dan selalu update tentang teknologi - teknologi modern saat ini, mulai dari gagdet dll, tentunya itu sangat cocok sekali digunakan. sekarang om dimas bandingkan dengan siswa dari sekolah om dimas ya, siswa om dimas mayoritas dari keluarga menengah kebawah, jangankan dengan teknologi om dimas kasih tugas buat blogger aja masih ada yang belum bisa.

kemudian siswa om dimas juga sangat luar biasa, kalo tidak disuruh mereka gak dong sama sekali, kadang kala disuruh saja juga masih gak dong. hebat kan siswa om dimas??? hehehe oleh karena itu setelah om dimas melihat dari televisi dan membaca dari internet, bahwa KURIKULUM 2013 AKAN DIHENTIKAN, om dimas tersenyum, maklum sekolah om dimas sepertinya tidak cocok dengan kurikulum ini. 


sekarang masalah yang akan muncul menurut om dimas akan om dimas jelaskan lagi. kata pak Menteri pendidikan dan kebudayaan dikdasmen, bahwa untuk sekolah yang satu semester ini menggunakan kurikulum 2013 dihentikan, sedangkan sekolah yang sudah 3 semeter menggunakan kurikulum 2013 tetap bisa dilanjutkan. dari pandangan om dimas masalah yang akan muncul nantinya ada pada saat UJIAN NASIONAL. lho kenapa ujian nasional??? iya to.... sobat blogger semua pasti tahulah ujian nasional dilakukan secara serentak di seluruh indonesia dan soal dari KEMENDIKBUD, permasalahannya pasti nanti ada yang ikut ujian nasional DENGAN KTSP dan ada juga yang ikut ujian nasional dengan KURIKULUM 2013. yah harapan om dimas semoga saja nantinya tidak ada permasalhannya saat ini. untuk pak menteri pendidikan BAPAK ANIES BASWEDAN semoga ada terobosan baru untuk memecahkan masalah seperti ini ya pak. saya selalu mendukung kebijakan - kebijakan yang bapak buat.

oke temen - temen blogger mungkin itu sekilas tentang pengalaman dari om dimas. semoga saja tidak ada yang tersinggung karena om dimas menulis ini. sebelumnya om dimas mohon maaf ya kalo - kalo ada pihak yang tersinggung.  

No comments :

Post a Comment