Tugas Interaksi Manusia Dan Komputer

Pertemuan 9

Graphical User Interface

(GUI)


Graphical User Interface (GUI) adalah bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”.


Contoh antarmuka manusia dengan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain).


Sistem Operasi Windows merupakan sistem operasi berbasis Grafis


Windows menyediakan suatu pustaka yang berisi kumpulan dari ratusan fungsi yang disebut Windows API (Application Programming Interface)


Pemrograman grafis pada sistem operasi Windows selalu menggunakan antar muka yang disebut GDI (Graphics Device Interface)


Dalam pembahasan GUI akan digunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0


Visual Basic 6.0 merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mendukung GUI


Desain Suatu Program Grafis ditentukan oleh komposisi gambar-gambar yang digunakan meliputi Letak dari obyek gambar pada screen (Sistem Koordinat), Tata

warna yang digunakan (Pewarnaan), Ukuran dll

Sistem koordinat pada pemrograman Windows terdiri dari :

a. Koordinat Fisik

1. Merupakan koordinat yang dipakai oleh peralatan fisik (Ex: Layar monitor).

2. Layar monitor mempunyai titik PUSAT koordinator fisik di kiri atas dengan

sumbu “x” positif berasal dari pusat menuju ke kanan dan sumbu “y” positif

berasal dari pusat menuju ke bawah

3. Digunakan penulisan (x,y), dimana standart awal berada di (0,0) yaitu pada titik

paling kiri atas obyek yang akan didefinisikan koordinatnya

b. Koordinat Logika

1. Merupakan koordianat yang dipakai dalam program

2. Windows akan memetakan sistem koordinat logika dalam program ke koordit

Fisik















BAB 10

ASPEK ERGONOMIK

Ergonomik adalah faktor kenyamanan kerja yang mempunyai pengaruh nyata dalam hal peningkatan maupun penurunan efisiensi dan efektifitas kerja. Beberapa Aspek yang berhubungan dengan Ergonomik yaitu :

1. Pengukuran dan Antropometrik

2. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja

3. Pencahayaan

4. Suhu dan Kualitas Udara

5. Gangguan Suara

6. Kesehatan dan Keamanan Kerja

7. Kebiasaan Dalam Bekerja


Beberapa Aspek yang berhubungan dengan Ergonomik yaitu :

1.Pengukuran dan Antropometrik

a. Antropometrik : Bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh

manusia. Misal: tinggi badan dan jangkauan tangan.

b. Tujuan dari mempelajari antropometrik adalah untuk memperoleh keseimbangan

antara teori yang diperoleh dari sejumlah acuan dan suasana kerja yang

sebenarnya sehingga kenyamanan kerja dapat dicapai yang pada gilirannya akan

meningkatkan efisiensi kerja.

2. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja

a. Pemasukan data.

Pekerjaan berorientasi pada hardcopy, lebih banyak memerlukan pengetikan daripada melihat ke layar tampilan.

Operator membutuhkan kursi yang baik dan dapat diatur, papan ketik yang dapat diatur, posisi dokumen yang tepat dan kualitas dokumen sumber yang baik.

b. Akuisisi data dan Pengolahan Kata

Pekerjaan yang lebih banyak menatap layar tampilan.

User sebaiknya disediakan layar tampilan dengan kualitas karakter yang baik, kontrat karakter ke layar yang tinggi serta kendali kilau yang memadai.

c. Pekerjaan Interaktif.

Pekerjaan yang variatif, user tidak diam ditempat

tetapi bergerak dalam pekerjaannya.

3. Pencahayaan

Untuk menghindari adanya kilau yang ditimbulkan oleh layar monitor adalah dengan memasang filter anti kilau dan pengaturan pencahayaan.

Tujuan utama dari perancangan pencahayaan mengenai peletakkan layar monitor antara lain :

a. Menghindarkan user dari cahaya terang langsung maupun pantulannya yang mengenai layar monitor.

b. Menghindari adanya kecerahan pada bagian depan user yang berlebihan dibandingkan kecerahan layar monitor.

c. Memberikan keyakinan bahwa adanya pencahayaan yang cukup untuk pekerjaan yang tidak menggunakan layar monitor.

4. Suhu dan Kualitas Udara

5. Gangguan Suara

6. Kesehatan dan Kenyamanan Kerja

7. Kebiasaan dalam Bekerja



Pertemuan 11

Pembuatan Komponen

Antarmuka Grafis

  • Salah satu kriteria penting agar program aplikasi yang kita buat mempunyai sifat ramah dengan pengguna (user friendly) adalah program aplikasi tersebut haruslah mempunyai tampilan yang menarik perhatian user, biasanya berkaitan dengan antarmuka grafis yang mampunyai banyak kelebihan dalam memperindah tampilan dibandingkan dengan tektual.

  • Untuk itu kita harus mempelajari bagaimana cara pembuatan komponen antarmuka grafis.


Komponen Antarmuka Grafis

  • Adalah bentuk–bentuk tampilan antarmuka yang dipakai pada paket–paket program aplikasi, baik yang bekerja pada mode teks maupun pada mode grafik

  • Komponen Antarmuka grafis antara lain :

1. Tombol Tekan

2. Spin Box

3. List Box

4. Combo Box

5. Tombol Radio

6. Check Box

7. Label Box



1. Tombol Tekan

  • Digunakan untuk mengaktifkan suatu aktivitas apabila tombol tersebut ditekan menggunakan mouse (Click Mouse).

2. Spin Box

  • Pada dasarnya, sebuah spin box digunakan untuk menampilkan suatu peubah saat itu dan kemudian nilai peubah tersebut akan bertambah ketika user menekan tombol dengan anak panah ke atas, atau berkurang ketika user menekan tombol anak panah ke bawah.

3. List Box

  • Digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tersedia yang dapat dipilih oleh pengguna program. Biasanya pilihan yang dapat dipilih berupa pilihan tunggal, tetapi dalam kondisi tertentu juga dimungkinkan untuk membuat pilihan jamak (multiple choices).

4. Combo Box

  • Mempunyai fungsi yang sama dengan list box, yaitu untuk menampilkan sejumlah pilihan yang dapat dipilih secara bebas oleh pengguna.

5. Tombol Radio

  • Sejumlah pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu pilihan yang tersedia, pilihan tersebut dapat bernilai on atau off yang ditandai dengan tanda tertentu.

6. Check Box

  • Sejumlah pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu atau lebih pilihan yang tersedia.

7. Label Box

  • Digunakan untuk memberikan komentar atau memberi nama pada masing – masing komponen antarmuka grafis


Pertemuan 12

Mendesain Window

Pembahasan

1. Memilih Jenis Window

  • _ Document window

  • _ Application window

  • _ Utility window

  • _ Dialogs and Alerts


2. Mendesain bagian window

  • _ Mendesain Title

  • _ Mendesain Border and Windows Command

  • _ Modality

  • _ Focus


3. Mendesain Primary Window











Pertemuan 13

INTERNET INTERAKTIF 1


Secara teknis, Internet (International Networking) merupakan dua computer atau lebih yang saling berhubungan membentuk suatu jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia, yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.


Dilihat dari segi komunikasi, Internet merupakan sarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun di dalam lingkungan perkantoran.

  • Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian Internet adalah “Sebuah jaringan komputer yang menghubungkan jutaan komputer yang tersebar di seluruh dunia“.

Dilihat dari segi ilmu pengetahuan, Internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang di dalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio, animasi, dan bentuk media elektronik lainnya.

Penyedia layanan internet (Internet Service Provider/ISP)

  • Merupakan perusahaan jasa yang menginvestasikan modalnya untuk membangun jaringan dan menyewakan kepada pelanggan agar meraka dapat mengakses internet.

  • ISP merupakan pintu gerbang untuk koneksi ke internet.

  • Koneksi dapat dilakukan atas dasar jumlah jam akses atau hak pakai selama 24 jam.

  • Contoh ISP di Indonesia : Telkom, INDO.NET, IndosatNET, WasantaraNET, CBN, RADNET.

Melalui jaringan TV kabel

  • Selain melalui ISP, untuk mengakses internet dapat dilakukan melalui jaringan TV Kabel.

  • Cara akses ini umumnya ditawarkan di kota-kota besar dan dikenal dengan istilah Internel Kabel.

  • User cukup membayar sewa yang relatif murah dan biasanya disertai dengan bonus menggunakan saluran-saluran TV satelit seperti CNN dan Discovery Channel.

Sumber Daya Internet

  1. Email, digunakan untuk melakukan pertukaran surat elektronis.

  2. Mailing List (Milis), kelompok diskusi dengan menggunakan e-mail.

  3. Newsgroup, forum diskusi.

  4. Telnet, fasilitas yang memungkinkan user melakukan koneksi ke suatu sistem komputer.

  5. FTP (File Transfer Protocol), sarana untuk melakukan transfer file dari komputer lokal ke suatu komputer lain dan sebaliknya.

  6. WWW (World Wide Web), sistem yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam internet melalui pendekatan hypertext


  • WWW (World Wide Web) atau web merupakan sumber daya dalam internet yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi atau bahkan melakukan transaksi pembelian barang.

  • Untuk mengakses web dibutuhkan software yang disebut browser.

  • Browser terpopuler saat ini antara lain Internet Explorer, Netscape Communicator, Firefox, Mozilla.


BAB 14

INTERNET INTERAKTIF 2

1. Internet dan E-business

a. Sistem Bisnis Internal

b. Perdagangan Elektronis

  • Business to Business (B2B)

  • Business to Consumer (B2C)

  • Consumer to Consumer (C2C)

  • Consumer to Business (C2B)


2. E - Intermediary

a. Penjualan Bersindikat

b. Agen Pembelanjaan

c. Makelar Bisnis ke Bisnis


a. Sistem Bisnis Internal

  • Sistem bisnis internal digunakan untuk melayani proses dan bisnis secara internal.

  • Melalui sistem ini dapat dilakukan beberapa hal, seperti pemantauan aktivitas dalam perusahaan, pengendalian proses, pemrosesan transaksi secara internal, dan juga dapat digunakan sebagai sistem pendukung menajemen.

  • Untuk mendukung sistem bisnis internal, maka dibutuhkan portal perusahaan, yaitu sarana informasi berbasis web yang ditujukan secara khusus untuk pegawai perusahaan tersebut.

b. Perdagangan Elektronis

  • Perdagangan elektronis atau e-commerce

  • merupakan segala bentuk kegiatan pembelian

  • dan penjualan, pemasaran produk, jasa dan

  • informasi yang dilakukan secara elektronis.

  • Jenis-jenis e-commerce antara lain :

a. Business to Business (B2B)

b. Business to Consumer (B2C)

c. Consumer to Consumer (C2C)

d. Consumer to Business (C2B)


e-Intermediary


  • e-commerce melahirkan pula perantara yang berbasis internet (e-intermediary).

  • Menurut Ebert dan Griffin, e-intermediary adalah para anggota saluran distribusi internet yang melakukan aktivitas mengumpulkan informasi tentang para penjual dan menyajikannya dalam bentuk yang praktis kepada para konsumen serta dapat juga membantu menyalurkan produk-produk internet ke konsumen.

  • Terdapat 3 macam e-intermediary, yaitu penjual bersindikat, agen pembelajaan, dan makelar B2B.


No comments :

Post a Comment